Pesona wisata Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung


Paket wisata Padang - Istana Pagaruyung yang mempesona selain jam Gadang dan Ngarai Sianok,Padang - Sumatera Barat.

Objek wisata yang satu ini menjadi ramai pengunjung baik lokal maupun Internasional. Istano Basa Pagaruyung menjadi sangat terkenal karena masyarakat dan pemerintah setempat sangat serius mengelola tempat wisata ini sehingga menjadi tujuan wisata favorit.


Istana Pagaruyung terletak di Batusangkar,Kabupaten Tanah Datar,Sumatera Barat. Selain kemegahan istana,disana pula kita dapat menikmati keindahan pesona alam,belajar tentang sejarah Minang. Istana Pagaruyung dibangun sejak abad 19 dibawah pemerintahan Raja Adityawarman Tahun 1347. Pada Tahun 1804 istana Raja ini sempat dibakar oleh penjajah Belanda dan dibangun kembali Tahun 1976.

Istana Pagaruyung adalah primadona bagi warga Tanah Datar. Tempat ini ramai bukan hanya dihari libur.

Struktur bangunan istana terdiri dari 11 Gonjong,72 tonggak dan 3 lantai,dilengkapi dengan surau,tabuak/bedug,rangkiang patah sembilan dan berbagai ukiran disetiap sudutnya yang mengandung falsafah adat Minangkabau.

Even besar seperti Tour De Singkarak pernah singgah di Istana Pagaruyung sebagai pusat kegiatan. Dilengkapi ruangan utama yang dapat menampung banyak orang untuk makan bajamba (makan bersama) seluruh tamu.

Disekitar istana terdapat arsitektur khas Minangkabau,koleksi benda cagar budaya seperti senjata,tongkat,keramik,nisan,stempel,arca. Cap stempel di zaman Sultan Abdul Jalil dan keris bernama Curik Simalagi yang terbuat dari besi berlapis emas.

Berwisata ke Istana Pagaruyung sangat cocok mengajak keluarga tercinta sebagai wisata edukasi,mengenalkan sejarah pada anak-anak tentang kejayaan Raja-raja di Indonesia zaman dahulu.

Lokasi Istana Pagaruyung dapat ditempuh melalui darat kurang lebih dua jam perjalanan dari kota Padang.

Untuk pemesanan paket wisata Padang hubungi Riki Aprius Tlp.0822-8391-0000  +62852 6366 6197

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berwisata ke Padang Panjang

Paket wisata Minangkabau